Minggu, 16 Mei 2010

Strategi Penataan Isi Pembelajaran

Berikut ini adalah langkah-langkah penataan isi pembelajaran yang telah teruji sahih dapat meningkatkan perolehan belajar :

1. Penyajian kerangka isi.

Pembelajaran dimulai dengan penyajian kerangka isi; struktur yang memuat bagian – bagian yang paling penting dari isi/pesan yang akan diajarkan.

2. Elaborasi Tahap Pertama

Elaborasi tahap pertama adalah mengelaborasi tiap-tiap bagian yang ada dalam kerangka isi, mulai dari bagian yang terpenting. Elaborasi tiap-tiap bagian diakhiri dengan rangkuman dan pensintesis yang hanya mencakup isi yang baru saja diajarkan.

3. Pemberian Rangkuman dan Pensintesis Eksternal

Elaborasi tahap pertama, diberikan rangkuman dan diikuti dengan pensintesis eksternal. Rangkuman berisi penegertian-pengertian singkat mengenai konstruk-konstruk yang diajarkan dalam elaborasi, dan pensintesis eksternal menunjukkan (a) hubungan penting yangb ada antar bagian yang telah dielaborasi, dan (b) Hungan anatara bagian yang telah dielaborasi dengan kerangka isi.

4. Elaborasi Tahap Kedua

5. Pemberian rangkuman dan pensisntesis eksternal

6. Setelah semua elaborasi tahap kedua disajikan, disintesiskan, dan diintegrasikan kedalam kerangka isi, pola seperti ini akan berulang kembali untuk elaborasi tahap ketiga, dan seterusnya, sesuai dengan tingkat kedalaman yang ditetapkan oleh tujuan pembelajaran

7. Pada tahp akhir pembelajaran , disajikan kembali keangka isi untuk mensintesiskan keseluruhan isi bidang studi yang telah diajarkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar